Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Pada Wanita

sakit-perut-sebelah-kiri-atas-wanita
sakit perut sebelah kiri atas pada wanita
Pada wanita, rasa sakit perut bagian kiri bawah adalah amat menyakitkan. Rasa ini bisa merupakan tanda kehamilan atau bahkan penyakit berbahaya lainnya. Banyak faktor yang jadi penyebabnya, di artikel ini kita coba menjabarkan sedikit apa yang mendasarinya.

Aneurisma Aorta pada Perut
Aorta perut adalah pembuluh darah terbesar yang bertugas mengalirkan darah dari jantung menuju perut.  Bila terjadi komplikasi atau gangguan medis, pembuluh darah ini bisa pecah atau mengalami kebocoran. Dalam istilah kedokteran biasa disebut “Aneurisma Aốrta Perut”.
Kalo kondisi ini yang terjadi bisa mngakibatkan rasa sakit yang luar biasa di perut bagian  tengah dan kiri. Dalam kondisi akut sebagian penderitanya akan merasakan sakit hingga ke sebelah kiri  belakang. Operasi adalah tidakan medis yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Endomeriosis
Endomeriosis adalah gangguan kesehatan pada wanita oleh sebab organ reproduksinya telah uzur. Rasa sakit ini disebabkan oleh sel- sel selaput pada bagian dalam rahim atau endometrium telah sampai keluar dari rongga rahim. Saat memasuki masa menstruasi rasa sakitnya akan semakin terasa bertambah.

Kanker
Rasa sakit di perut bagian kiri bisa juga karena adanya sel kanker yang tumbuh di dalamnya, gejalanya juga beragam mulai dari nafsu makan mendadak hilang, konstipasi, meningkatnya frekuensi BAB hingga berat badan turun secara drastis. Apabila ada anggota keluarga ada yang mengalaminya, adalah tindakan yang bijak untuk segera berkonsultasi ke dokter langganan keluarga anda.

Batu Ginjal
Adanya batu ginjal juga bisa jadi penyebab rasa nyeri di bagian perut sebelah kiri. Rasa nyễri ini bisa menurun sampai ureter, Batu ginjal juga bisa menyerang pria. Gejala yang biasa muncul adalah sering muntah dan rasa sakit pada saat mengeluarkan air senir.

Sembelit
Rasa sakit di sebelah kanan bawah dan kiri bisa terjadi pada penderita sembelit akut.  Rasa sakitnya akan terasa setelah selesai BAB, kondisi ini bisa dicegah dengan cara banyak mengkonsumsi air mineral serta melakukanaktivitas olahraga ringan secara teratur. Dan kalo anda mengalami susah BAB segeralah melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan anda ke dokter.

Pelvic Inflammatory Disease
Lebih sering  disebut dengan peradangan panggul (PID), ini terjadi saat rahim, tuba fallpoi dan ovarium terkena infeksi oleh bakteri. Ini menyebabkan terjadinya keputihan dan rasa  sakit perut sebelah bawah. Penyebab PID ialah karena menularnya penyakit melalui dari leher rahim dan anigav (bada cari belakang). PID adalah gangguan yang sering dialami oleh kaum hawa.

Fibroid
Sering disebut batu rahim, kondisi ini disebabkan oleh ketidaknormalan pertumbuhan pada beberapa otot di dalam rahim. Bentuknya seperti bola tapi sangat keras, fibroid akan bertumbuh dengan cara membelah diri dalam waktu yang cukup lama. Batu rahim bisa menyebabkan sirkulasi menstruasi menjadi tidak normal serta menyebabkan pendarahan berlebih saat “M”.  Secara medis hanya bisa disebmuhkan dengan meelakukan operasi pembedahan.

Divertikulitis
Penyakit ini biasa dialami oleh wanita yang sudah uzur, yang sudah memasuki usia 60 lebih. Dalam istilah medis, divertikulitis, adalah masalah gangguan pencernaan yang terjadi di usus besar atau colon sehingga terjadi peradangan di bagian luar colon.

Kehamilan etopikKondisi ketika sel telur atau ovum di buahi di luar rahim.  Dalam kasus kebanyakan ditemukan zigot tertanam di saluran tuba. Karena hal itulah dalam tubuh wanita hamil akan bereaksi mengusir janin pada trimester awal kehamilan, gejalanya biasanya akan terjadi pendarahan atau keguguran.

Banyak penyebab sakit perut sebelah kiri, ulasan diatas hanyalah beberapa bagian kecilnya saja. Rasa nyeri pada perut sebelah adalah satu tanda bahwa kesehatan tubuh mengalami gangguan. Segeralah cek kondisi anda ke dokter. Manfaatkan kartu BPJS untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga anda.

Anda bisa baca postingan lain mengenai Obat alami untuk sakit perut diare melilit.