Obat Mujarab untuk Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi

Dalam fase pertumbuhan, khususnya fase pertumbuhan gigi pada anak, gusi membengkak dan berdarah adalah hal biasa namun cukup serius, biasanya terjadi di bagian paling belakang dalam mulut. Efek sakit yang dirasakan penderitanya sangatlah menyiksa karena adanya denyutan menyakitkan dari gusi yang meradang, bahkan rasa nyerinya bisa terasa hingga ke kepala. Gusi membengkak akibat sariawan atau panas dalam bisa memicu sakit pada gigi, ini disebabkan di gusi terdapat jaringan saraf kokoh yang letaknya tepat menempel di bawah gigi.
obat-untuk-gusi-bengkak-berdarah
obat-untuk-gusi-bengkak-berdarah
Penyebab Sakit Tenggorokan dan Gusi Bengkak

Untuk mendapat pengobatan yang tepat, hal pertama yang dilakukan adalah mencari  apa yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Dilihat dari kacamata medis yang paling sering jadi penyebabnya adalah.

Peradangan pada Gusi
Adanya infeksi iritasi pada gusi atau peradangan adalah yang sering mengakibatkan timbulnya pembengkakan pada gusi bagian belakang. Radang gusi atau dalam bahasa medis lebih dikenal dengan sebutan gingivitis timbul akibat kurang bersihnya di dalam mulut karena perawatan yang kurang baik. Tumpukan lapisan pada gigi yang terbentuk oleh sekumpulan bakteri yang biasa disebut plak yang melapisi bagian bawah gigi, lama kelamaan akan berubah menjadi karang gigi yang tidak bisa lagi dibersihkan memakai pasta dan sikat gigi biasa.  Untuk membersihakannya harus menggunakan bor khusus yang biasa dipake di tempat praktek dokter gigi.

Segera ke dokter untuk memperoleh perawatan lebih lanjut, apabila tidak secepatnya dilakukan pengobatan dikhawatirkan nantinya bisa mengakibatkan rontoknya gigi yang menempel pada gusi yang mengalami peradangan itu.

Kehamilan
Hormon dalam tubuh wanita hamil menyebabkan meningkatnya aliran darah ke gusi yang nantinya bisa membuat lebih mudah teriritasi  dan lambat laun menyebabkan gusi kian membengkak. Perubahan aktifitas hormonal ini berpotensi meningkatkan resiko terserang radang gusi dikarekan sistem kekebalan tubuh tak mampu lagi melawan bakteri yang mengakibatkan infeksi gusi. Segera berkonsultasi ke dokter kandungan untuk memperoleh perawatan yang dibutuhkan.

Cara Alami Tradisional Mengobati Gusi Bengkak dan Berair agar Cepat Kempes
Pemakaian obat untuk gusi membengkak haruslah tepat. Beberapa rekomendasi dari para ahli untuk meredakan rasa sakit oleh sebab cabut gigi ataupun karena geraham bungsu yang baru tumbuh adalah sbb:
  • Membuat sendiri obat kumur dari bahan yang ada di rumah. Siapkan segelas air hangat dan masukkan garam secukupnya, aduk hingga rata, kemudian berkumurlah dengan larutas air garam tersebut. Ini sangat membentu untuk membersihkan gigi , gusi termasuk rongga mulut dari berbagai bakteri.
  • Minum banyak air putih untuk membasahi rongga dalam mulut, ini bertujuan untuk membantu agar tenggorokan banyak memproduksi air liur yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab pembengkakan.
  • Menggosok gigi secara teratur dan benar agar tidak mengakibatkan iritasi pada gusi.
  • Hindarilah memakai obat kumur yang mengandung zat yang bisa memperparah kondisi gusi yang bengkak.
  • Berhenti total merokok karena asap yang dihasilkan dari prosses pembakaran tembakau semakin memperparah kondisi ini, dan jangan pula menenggak minuman beralkohol saat kondisi gusi masih membengkak.
  • Untuk mengurangi rasa sakit, secara perlahan pijatlah bagian luar pada gusi yang membengkak.
  • Rasa nyeri juga bisa diredakan dengan mengompres pipi dengan menggunakan kain yang sebelumnya telah direndam dalam air hangat

Obat untuk Gusi Bengkak Dari Resep Dokter

Guna mempercepat proses pemulihan, Anda bisa meminum obat untuk gusi membengkak yang biasa diresepkan oleh dokter seperti berikut.

Obat penghilang rasa sakit
Pertama-tama Anda minum obat pereda rasa sakit yang diakibatkan oleh gigi berlubang, adalah analgesik yang banyak tersedia di apotik , contohnya yaitu metampiron (antalgin), ibuprofen dan asam mefenamat.
Antibiotik bermanfat untuk melenyapkan kuman dan bakteri penyebab infeksi gusi.  Dapat Anda minum sesuai anjuran dari dokter.

Obat anti-radang bisa digunakan untuk memperlambat proses peradangan yang terjadi akibat gusi (beserta area disekitarnya) yang mengalamii pembengkakan. Sebelum mengkonsumsi o bat ini pastikan Anda sudah berkonsulltasi dengan dokter.
Untuk mengempeskan gusi yang meradang, bisa memakai obat tradisinal seperti berikut :

Kulit Andong
Bahan: Kulit andong serta garam secukupnya.
Bersihkan bagian kulit andong dengan air bersih yang mengalir, kupas dan taburkan garam secukupnya, aduk ramuan tersebut, oleskan merata pada bagian yang terasa sakit.

Krokot
Bahan:  3 gelas air dan 200 gram daun Krokot.
Cucilah krokot sampai bersih, rebuslah bersama 3 gelas air, tunggu sampai mendidih, tunggu sampai hanya tersisa 1 gelas. Dinginkan, minum air tersebut sampai habis. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore.
Cara Mencegah Gusi Bengkak dan Bernanah agar tidak Kambuh(Lagi)
  • Gosoklah gigi secara teratur sehabis makan dan menjelang tidur malam. Bila perlu  lakukan flossing.
  • Setiap 6 bulan sekali periksakan ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi atau plak.
  • Perbanyak makan buah atau minum  suplemen yang banyak mengandung vitamin C, kalsium, dan asam folat yang bermanfaat untuk merawat kesehatan gusi.
Adalah abses gingiva sebuah kondisi dimana gusi membengkak dan bernanah. Tindakan medis yang wajib dilakukan adalah insisi serta drainase (mengeluarkan cairan nanah dengan cara menyayat gusi). Ini hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman.

Perlu diperhatikan apabila gusi membengkak lebih dari 2 minggu. Segera berkonsultasi ke dokter spesialis terbaik di kota anda. Untuk memperoleh hasil akurat, dokter biasanya akan melakukan tes darah kepada pasien. Semoga anda senantiasa sehat wal'afiat.
Artikel lain mengenai Cara cepat dan alami untuk mengempeskan jerawat batu