Beberapa Faktor Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Ada beberapa penyebab rasa sakit di pinggang sebelah kiri mulai dari karena penyakit ringan seperti salah urat, keseleo, hingga penyakit ginjal kronis yang merupakan satu penyakit yang paling ditakuti oleh sebab bisa mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Penjesan di bawah ini cukup penting karena membeberkan beberapa penyebab sakit pinggang bagian kiri.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Gejala dari Batu Ginjal
Sakit Pinggang Sebelah Kiri Gejala dari Batu Ginjal

Berbagai Macam Penyebab Sakit Pinggang
Dengan mencari penyebab sakit pinggang bagian kiri, diharapkan Anda dapat menyimpulkan sendiri apakah rasa sakit tersebut disebabkan oleh penyakit yang parah atau tidak. Anda juga akan tahu penyebab sakit pinggang bagian kiri oleh sebab tidak berfungsinya ginjal atau ada gangguan lainnya:
Keseleo atau salah urat: Sakit pinggang paling banyak terjadi adalah karena salah urat, keseleo atau otot yang terasa  tegang pada bagian sebelah kiri. Ligamen dan otot di seluruh tulang belakang dapat cedera oleh sebab membawa benda berat, terjatuh, atau melakukan gerakan fisik yang salah. Solusinya awal bisa dikompres ataupun diberi obat penghilang rasa nyeri yang bisa diperoleh di pasaran secara bebas.

Skiatika dan Herniated Disc: 
Skiatika, lebih sering disebut saraf belakang yang terjepit.  Herniated Disc terjadi saat diskus (steuktur yang memberikan bantalan pada tulang belakang) sudah mulai aus, terbelah, ataupun mengalami penyusutan hingga mengakibatkan diskus tersebut keluar dari posisi normalnya. Ini juga bisa jadipenyebab rasa sakit pada pinggang sebelah kiri.

Batu ginjal: 
Rasa sakit luar biasa pada pinggang bisa jadi karena adanya batu ginjal, bahkan ketika buang air seni bisa sampai bercampur darah. Dalam kondisi parah, rasa sakit bisa menjalar ke bagian lain sampai ke perut ke bawah sampai dan bagian paha atas. Kalau sudah seperti ini yang paling baik adalah harus segera berobat ke dokter.

Infeksi ginjal: 
 Selain adanya batu ginjal, ginjal yang terinfeksi juga bisa menyebabkan sakit pinggang di bagian kiri. Bedanya adalah ini terjadi karena kandung kemih yang terinfeksi kemudian menjalar hingga ke ginjal (jika yang sakit bagian kiri tentunya yang terkena adalah ginjal sebelah kiri). Solusinya terbaik tetap harus ke dokter agar segera dilakukan pengobatan dan kalo sudah dalam keadaan parah penderita harus dirawat inap rumah sakit.

Kista: 
 Maksudnya kista yang terjadi dalam ovarium ini hanya menyerang kaum hawa. Rasa sakit bisa terasa dibagian kanan atau kiri, bergantung ovarium sebelah mana yang kena. Rasa sakit dari pinggang bisa menjalar mulai dari perut bawah.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa penyebab yang berefek rasa sakit pada pinggang sebelah kiri, seperti pankreas meradang, kanker usus, tukak lambung, dan lainnya. Mengenai kapan harus berkunjung ke dokter tentunya jika Anda menderita salah satu gejala berikut: Di malam hari mengeluarkan keringat berlebih, susah buang air seni maupun BAB, sakit perut parah, berat badan mulai menurun, demam, dan badan terasa sangat lemah.

Lebih lanjut anda bisa membaca postingan lain mengenai tanda dan gejala awal sakit ginjal